,

Tips Memiliki Rumah di Usia 30 Tahun

Salah satu cita-cita keluarga kecil adalah memiliki sebuah rumah yang nyaman dan bisa dijadikan sebagai tempat untuk membesarkan anak-anak sambil menikmati masa pensiun.

Mengingat harga properti saat ini terus melambung tinggi, bercita-cita memiliki rumah di usia muda seperti sebuah mimpi. Namun, banyak cerita sukses yang berhasil mewujudkan mimpi tersebut di usia muda sebelum mencapai usia 30 tahun.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memiliki sebuah rumah di usia muda. Jika terwujud, memiliki rumah di usia muda bukan hanya jadi kebanggaan tersendiri tapi juga bekal masa depan yang lebih baik lagi.

Menabung

Meskipun terlihat cukup sulit diwujudkan, menabung tidak bisa disepelekan. Tidak ada kata terlambat untuk menabung. Apalagi jika dimulai sejak usia muda.

Agar bisa mendapatkan rumah sebelum usia kepala tiga, kamu harus memiliki komitmen yang sangat kuat untuk menabung. Setidaknya kamu harus menyisihkan 30% dari total pendapatan selama bertahun-tahun untuk mewujudkan mimpi membeli atau memiliki rumah idaman.

Jangan berpikir terlalu konvensional, kamu tidak hanya bisa menabung uang tapi juga bisa menabung dengan cara lain seperti menabung logam mulia seperti emas yang harganya terus meningkat denga stabil. Bahkan kamu pun bisa menabung pohon. Setelah 4 sampai dengan 5 tahun, pohon-pohon yang kamu tanam bisa dipanen dan dijual sehingga bisa mendapatkan hasil dari tabungan pohon tersebut.

Investasi

Jika ingin mendapatkan keuntungan lebih selain dari menabung, kamu bisa mulai mencoba untuk berinvestasi. Ada banyak jenis investasi yang bisa dicoba selagi muda.

Beberapa jenis investasi yang bisa dicoba dengan modal rendah misalnya seperti reksa dana, saham hingga yang paling minim risiko adalah deposito. Banyak yang masih belum mengetahui jika investasi melalui saham dan reksa dana sudah bisa dilakukan dengan biaya rendah.

Sebagai contoh, untuk membuka akun reksa dana hanya dibutuhkan dana sekitar 50 ribu rupiah. Selanjutnya hanya bermodalkan 50 ribu hingga 100 ribu rupiah sudah bisa berinvestasi melalui reksa dana dengan dana yang amat ringan. Bahkan beberapa situs e-commerce kini menyediakan fasilitas reksadana tanpa mengenakan biaya buka akun.

Selain reksadana, kamu juga bisa mencoba untuk berinvestasi melalui instrumen saham. Meski modalnya cenderung lebih besar, tak ada salahnya untuk mencoba peluang keuntungan melalui saham. Selain untung berkat imbal hasilnya, kamu juga bisa memahami kelebihan dan kekurangan dari masing-masing instrumen investasi dengan mencoba keduanya.

Apalagi investasi saham saat ini sudah cukup terjangkau untuk kalangan mahasiswa sekalipun. Pembelian saham bisa dimulai dengan harga antara 500 ribu rupiah hingga satu juta rupiah saja. Namun sebelum memilih instrumen investasi, pastikan kamu sudah menentukan tujuanmu dan menyesuaikan jenis investasi dengan tujuanmu tersebut.

Kerja Sampingan

Cara lain untuk mempercepat pendapatan adalah dengan mencari kerja sampingan. Bekerja sampingan tidak harus selalu dikerjakan di kantor tapi juga bisa dikerjakan dari rumah pada saat akhir pekan.

Berbisnis sekaligus menyalurkan hobi pun menjadi sebuah peluang untuk mengumpulkan dana demi cita-cita memiliki rumah di usia muda. Cara lain bisa juga dengan beternak ayam, bebek, kelinci, kambing, atau binatang peliharaan lainnya.

Jangan pernah malu untuk bekerja sampingan apalagi berjualan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tambahan pundi-pundi rupiah.

Memanfaatkan Fasilitas Kantor

Bagi kamu yang bekerja di perusahaan, kamu bisa memanfaatkan segala fasilitas yang ditawarkan mereka untuk karyawannya. Misalnya beberapa perusahaan memberi fasilitas mess atau rumah. Jangan ragu atau gengsi untuk menempatinya jika kamu memang diberi fasilitas tersebut. Justru dengan memanfaatkan fasilitas kantor itulah kamu bisa mengalihkan alokasi anggaran untuk sewa rumah sebagai tabungan untuk membeli rumah.

Beberapa kantor juga terkadang memberikan pinjaman lunak dan berbagai kemudahan untuk kepemilikan rumah. Yang jelas, jika sudah bekerja, cari tahu fasilitas yang diberikan kantor untuk para karyawannya.

Bijak Mengambil Cicilan

Salah satu godaan paling berat di usia muda adalah ambisi dan gengsi. Ambisi untuk bisa lebih baik dari orang lain dan gengsi jika tidak bisa mengikuti tren dan takut dianggap kurang update.

Demi memenuhi hasrat keduanya salah satu solusi yang diambil adalah dengan mengajukan cicilan. Di sinilah kamu perlu lebih bijak lagi untuk mempertimbangkan kapan harus mengambil cicilan atau mengajukan kredit tanpa kartu kredit.

Boleh saja kamu mengajukan kredit tanpa kartu kredit asalkan tidak mengganggu alokasi dana dan prioritas bulanan. Apabila kamu sudah mengalokasikan pendapatan bulanan untuk cicilan rumah, maka kamu harus mencari penghasilan tambahan jika ingin mengambil cicilan baru.

Sesuaikan cicilan kamu dengan kemampuan, jangan sampai mengganggu tujuan semula. Jika ingin mencari perusahaan yang memberikan pembiayaan dengan tenor fleksibel dan bunga rendah, mungkin kamu bisa mencoba Kredivo.

Kredit melalui Kredivo, tak perlu menyediakan DP bahkan tak perlu harus memiliki kartu kredit terlebih dahulu. Semua aplikasi pun bisa di-submit secara daring melalui aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store atau App Store. Untuk mencari informasi lebih lengkap, kamu bisa menelusurinya di halaman berikut ini.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Keindahan Pantai Gondo Mayit – Wisata di Blitar

Wisata Coban Wilis – Wisata di Blitar