,

Segala Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Candi Prambanan

Image result for prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu lokasi wisata yang sangat indah dan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Tempat wisata yang terdapat di Yogyakarta ini selalu ramai menjadi tujuan wisata para traveller, baik wisatawan asli Indonesia maupun wisatawan mancanegara karena keindahan dan keunikan bangunan yang tidak bisa ditemui di tempat lain.

Tentang Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah candi yang digadang-gadang merupakan Candi Hindu terbaik di Dunia. Hal ini diperkuat dengan dinobatkannya candi ini oleh Situs Warisan Dunia UNESCO sebagai candi dengan yang memiliki arsitektur terindah. Candi ini dikenal pula dengan sebutan Candi Roro Jonggrang yang berbentuk ramping yang memiliki tinggi 47 meter.

Tempat wisata yang terletak di Desa Prambanan, Kota Klaten, 20 KM Timur Yogyakarta yang merupakan perbataasan antara Yogyakarta dan Jawa Tengah ini menjadi tempat wisata favorit para treveller. Candi ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menyaksikan kemegahan dan keindahan desain Candi Prambanan.

Candi ini memiliki arsitektur yang sangat indah dan megah dan juga dilengkapi dengan adanya 3 candi utama dalam Candi Prambanan yang terdiri dari Candi Siwa, Candi Brahma dan Candi Wisnu. Tiga candi itu lambang Trimurti yang merupakan kepercayaann masyarakat Hindu, dan ketiganya didesain dengan arah menghadap ke timur.

Tidak hanya itu, candi utama juga dilengkapi dengan satu candi yang mendampinginya yang di desain dengan arah menghadap ke barat yaitu candi nandini untuk mendampingi candi siwa, candi angsa untuk mendamping candi brahma, dan candi garuda untuk mendampingi candi wisnu. Serta dilengkapi pula dengan candi lain yang terdiri dari 4 candi kelir, 2 candi apit, 4 candi patok dan 224 candi perwara.

Candi Prambanan memiliki banyak daya tarik dan keindahan yang sangat memukau khusunya pada sore hari saat sunset terlihat, pemandangan tersebut akan jauh lebih indah jika Anda melihat dari Candi Prambanan karena dapat membuat Anda berdecak kagum dengan suasana yang sakral dan hening. Serta keidahan pada malam hari yang mana candi ini dikelilingi dengan sinaran lampu-lampu yang indah disekelilingnya.

Di tengah candi prambanan terdapat taman indah yang dapat Anda gunakan untuk bersantai dan beristirahat bersama keluarga. Serta terdapat pula museum yang dapat Anda masuki untuk dapat mengetahui sejarah dan asal usul candi prambanan secara lebih mendalam.

Keindahan candi prambanan akan lebih terasa pada sore hari sekitar jam 4 sore. Anda bisa berkeliling dengan berjalann kaki menikmati pemandangan dan desain yang indah sekitar candi prambanan serta terdapat banyak souvenir yang dapat Anda beli sebagai oleh-oleh.

Walaupun candi ini terletak di sebuah desa yang terpencil, Anda akan merasa berada pada masa lalu jika berada disini. Karena disekitar candi ini sering diadakan berbagai ritual oleh masyarakat sekitar. Namun perlu diingat, jika Anda berkunjung ke tempat wisata ini pada siang hari jangan lupa membawa topi atau payung untuk melindung diri Anda dari panas terik matahari.

Selain itu pakailah yang sopan dan jangan lupa bertanya apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan di tempat itu, hal ini karena candi prambanan dianggap sebagai tempat wisata yang kental akan suasana religius dan dianggap sebagai tempat suci oleh masyarakat penganut Agama Hindu dan juga warga sekitar candi prambanan.

Legenda Candi Prambanan

Terbentuknya candi prambanan atau biasa dikenal dengan candi Roro Jonggrang ini tidak pernah lepas dari cerita rakyat yang telah melegenda dipercaya oleh sebagaian masyarakat Jawa.

Beberapa ratus tahun yang lalu terdapat seorang pangeran muda yang bernama Bandung Bandawasa. Pangeran ini menaruh hati kepada seorang puti cantik yang bernama Roro Jonggrang yang merupakan putri dari seorang raja. Karena tak bisa untuk menolak cinta sang pangeran, putri Rara Jonggrang ini memberikan suatu syarat kepada pangeran agar dapat diterima cintanya oleh sang purti. Persyaratan tersebut pangeran diminta untuk membuat 1000 arca hanya dalam waktu satu malam.

Sang pangeran akhirnya menerima persyaratan tersebut, kemdian ia meminta bantuan dari teman-teman ghaib-nya untuk membantunya membuat arca, dan 1000 arca pun hampir terpenuhi. Karena merasa risau Rara Jonggrang meminta bantuan kepada beberapa masyarakat desa untuk menumbuk padi dan  membuat api yang besar agar suasana saat malam itu seolah –olah sudah pagi.

Karena mendengar suara tumbukan padi dan api yang menyala teman-teman gaib pangeran pergi dan menghilang. Karena merasa dicurangi oleh Rara Jonggrang, Pangeran Bandung Bandawasa yang saat itu beru berhasil membuat 999 arca marah, dan akhirnya ia mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca sehingga akhirnya menjadi genap 1000 arca.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk dalam tempat wisata ini berkisar anatara Rp. 20.000,- per orang untuk orang dewasa dan sekitar Rp. 9.000,- untuk anak-anak dengan usai di bawah 6 tahun. Di tempat wisata ini Anda juga bisa membeli oleh-oleh khas Yogyakarta untuk keluarga di rumah di toko-toko yang berada di sekiar candi prambanan.

Candi prambanan buka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB dan tutp pada malam hari, sehingga ketika berkunjung pada malam hari Anda tidak dapat masuk dan hanya dapat melihat keindahan candi dari luar.

Fasilitas dan Akomodasi

Di sekitar tempat wisata ini terdapat fasilitas dan akomodasi yang bisa dibilang cukup lengkap, seperti mushola, kamar manda/MCK, area parkir kendaraa, restourant, hotel, toko souvenir, dan masih banyak yang lainnya sehingga Anda tidak perlu takut kebutuhan Anda tidak terpenuhi disini.

Transportasi

Jika Anda warga asli Kota Klaten, tentu tidak akan sulit lagi mencari letak Candi Prambanan. Akakn tetap bagi Anda yang bukan warga asli Klaten atau mungkin bukan masyarakat asli Indonesia, Anda akan kebingungan mencari keberadaan Candi Prambanan. Tak usah risau, karena di bawah ini akan dijelaskan sarana transportasi menuju Candi Prambanan agar Anda tidak kesasar.

Jika Anda memakai kendaraan probadi seperti motor atau mobil, Anda hanya perlu menggunakan Goolge Maps yang telah terpasang di smartphone Anda tentang keberadaan Candi Borobudur.

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda hanya perlu turun di terminal bus kota. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau angkutan lain ke arah Cnadi Prambanan. Dan jika Anda masih bingung, jangan malu dan ragu untuk bertanya agar bisa sampai di tempat yang Anda tuju.

Ketimbang menggunakan kendaraan umum, lebih enak bila anda menggunakan kendaraam pribadi. Sebab selain ke prambanan, anda bisa langsung kemuju ke gunung kidul. Kebetulan dari prambanan bisa langsung ke gunung kidul. Kalau kebetulan tak bawa kendaraan pribadi, kamu bisa rental mobil jogja. Banyak tempat rental mobil kog di jogja, salah satunya kamu bisa rental di Omocars.com.

Demikian beberapa informasi tentang Candi Prambanan yang dapat Anda ketahui sebelum pergi berlibur kesana. Jangan lupa persiapkan liburan  Anda ke jauh-jauh hari agar segala sesuatu yang Anda butuhkan selama disana dapat terbawa dalam koper Anda.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wisata Kura Kura Belawa – Wisata di Cirebon

4 Cara Mix & Match Celana Kulot Dengan White Sneakers